Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, May 2, 2011

Bupati Canangkan Bulan Bhakti Gotong-Royong

Bupati H. Ade Swara, "tingkatkan gotong-royong."

The Karawang Post.Com - Seiring dengan perjalanan waktu dan pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia, keberadaan semangat kebersamaan dan gotong-royong yang merupakan budaya asli bangsa Indonesia pun terasa semakin memudar. Atas dasar tersebut, Bupati Karawang, H. Ade Swara mencanangkan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Tingkat Kab. Karawang Tahun 2011 yang dipadukan dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK di Desa Cikalong, Cilamaya Wetan, Senin (2/5).

Bupati Ade Swara dalam kesempatan tersebut mengatakan, menggalakkan kembali semangat gotong-royong dan kebersamaan di tengah masyarakat sangat tepat untuk diterapkan dalam pembangunan. Hal ini karena manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan oleh tuhan untuk saling mengasihi, saling berbagi, saling membantu dan saling membutuhkan.

Menurut Bupati, sifat-sifat egoisme dan individualisme bisa dikikis habis, maka sifat gotong-royong yang tersirat dalam falsafah pancasila akan timbul dengan kesadaran dari diri kita. “Dengan sendirinya keamanan, ketenteraman dan kesejahteraan akan terwujud seiring dengan semakin kuatnya rasa kebersamaan dan gotong-royong ditengah kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemerintah daerah secara terus menerus menjalankan program-program untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, hal ini ditandai dengan pengalokasian dana anggaran untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat secara merata dan menyeluruh. “Namun demikian, masyarakat pedesaan diharapkan dapat mengembangkan dan membangun desanya masing-masing melalui gotong-royong, kerjasama, inisiatif bersama dan tanggung jawab bersama,” imbuhnya.

Berkaitan dengan hari kesatuan gerak PKK, Bupati berharap kegiatan ini dapat memberikan makna yang mendalam bagi jajaran Tim Penggerak PKK Kab. Karawang untuk terus berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan dharma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. “Terlebih gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya atas nama pemerintah daerah dan sebagai ketua dewan penyantun Tim Penggerak PKK Kab. Karawang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK beserta para kadernya, yang telah bekerja keras dan penuh pengabdian dalam meningkatkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan masyarakat Karawang.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kab. Karawang, Saridin Sinabang menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemkab Karawang untuk meningkatkan gotong-royong di masyarakat yang akhir-akhir semakin memudar. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh masyarakat dapat tercipta keterpaduaan antara masyarakat, desa, dan kecamatan,” ujarnya.

Sinabang menambahkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kecamatan dan desa yang ada di Kab. Karawang, selama 1 (satu) bulan penuh, mulai tanggal 2 Mei 2011 hingga 2 Juni 2011. “Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya mencakup kegiatan kemasyarakatan, ekonomi, sosial, budaya, agama, serta lingkungan hidup,” tambahnya. (Tim)