Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Thursday, September 15, 2011

Ada “Jaksa Nakal” di Kabupaten Karawang


Seorang pendemo dan spanduk, Usir Oknum Jaksa Pemeras!
The Karawang Post.Com - Bertepatan dengan hiruk-pikuk demo LSM Lodaya di depan gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, Kamis (15/9). Beberapa elemen masyarakat Karawang dan organisasi kemahasiswaan mendatangi Kejari untuk melakukan audiensi. Mereka mempertanyakan, sekaligus mengecam keberadaan oknum “Jaksa Nakal” yang telah melakukan pemerasan ratusan juta rupiah atas nama lembaga hukum itu, dan kasus “Jaksa Nakal” itu tidak pernah terungkapkan.

Tapi kedatangan beberapa elemen masyarakat tersebut tidak bisa diterima hari itu oleh Kejari Karawang. "Memang ironis sekali, di satu sisi kepercayaan masyarakat Karawang sudah tumbuh positif terhadap kinerja Kejari. Tapi disisi lainnya ternyata masih ada oknum “Jaksa Nakal” yang bermental pemeras dengan memanfaatkan posisi tawar Kejari yang sudah disegani di Karawang," tegas Direktur Madani Institute, Asep Irawan.  

Akibat akumulasi kekecewaan yang semakin memuncak terhadap oknum “Jaksa Nakal” itu, beberapa elemen masyarakat Karawang, antara lain, AMIB (Angkatan Muda lndonesia Bersatu), Madani Institute, FSPMI, Garda Metal, SPSI, Garda Bangsa, Jamak (Jaringan Masyarakat Karawang), JMPH (Jaringan Masyarakat Peduli Hukum), HMI (Himpinan Mahasiswa Islam), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), KOMPAK (Komando Penegak Keadilan), FORUM UMAT ISLAM, FORBES, BM KOSGORO 1957, PPAPRI, akan mengadakan aksi demo besar-besaran ke kantor Kejari Karawang. Selain itu mereka juga telah melayangkan surat kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) mengenai masalah “Jaksa Nakal” di Kabupaten Karawang tersebut.

Menurut Ketua AMIB Yayan Sopian, "atas kesepakatan bersama seluruh unsur pimpinan lembaga, dan semua telah menyepakatinya, bahwa kami akan melakukan aksi besar-besaran pada hari Senin,19 September besok. Demo gabungan dari beberapa elemen masyarakat Karawang itu akan digelar di depan gedung Kejari Karawang, untuk mengusir  oknum “Jaksa Nakal” dari Bumi Karawang,” tegas Yayan.

"Jika masalah ini tidak beres-beres juga. Kami sudah bersepakat. Kalau perlu, semua bersama-sama kita demo ke Kejaksaan Agung. Pokoknya usir oknum “Jaksa Nakal” dari Bumi Karawang," tegas Ketua Angkatan Muda Indonesia Bersatu (AMIB) Yayan Sopian mengakhiri pembicaraan. (Tim)