Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Thursday, October 13, 2011

BNK Karawang Gelar Sosialisasi Anti Narkoba di SMP Negeri 1 Jatisari


Ketua BNK Karawang Sosialisasi di SMPN I Jatisari,
The Karawang Post.com - Sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba, khususnya di kalangan pelajar, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Karawang menggelar Kegiatan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di SMP Negeri 1 Jatisari, Karawang. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua BNK Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, Kamis (13/10).
 
Dr. Cellica Nurachadiana selaku Wakil Bupati Karawang dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Indonesia saat ini bukan lagi sebagai negara transit, namun sudah bisa dikatakan sebagai negara produsen narkoba jenis psikotropika dengan jumlah penyalahgunaan narkoba mencapai 4 juta orang. ”Persentase tertinggi didominasi oleh kaum remaja usia produktif yang mencapai kasus kematian akibat penyalahgunaan narkoba mencapai 15 juta jiwa pertahun, ” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Cellica, Karawang yang letaknya sangat strategis karena dekat dengan Ibu Kota Jakarta dan Bandung selain sebagai daerah transit juga sudah menjadi daerah peredaran gelap narkoba. ”Kabupaten Karawang saat ini telah dijadikan target peredaran oleh pelaku/bandar Narkoba dalam melakukan aksinya,” tuturnya.

Menurut Cellica, kondisi peredaran narkoba di Karawang cukup memprihatinkan, dimana pada periode Januari s/d Agustus 2011 telah tercatat sebanyak 52 kasus, dan 62 tersangka. ”Dengan kata lain, dalam setiap bulannya terdapat sekitar 7 kasus dan 8 tersangka, yang sebagaian besar kasus tersebut terjadi di kalangan remaja,” jelasnya.

Kondisi tersebut, ujar Cellica, perlu menjadi perhatian serius oleh generasi muda di Kab. Karawang, terlebih sifat dari narkoba yang sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecanduan bagi penggunanya. ”Seseorang yang telah menjadi pecandu narkoba, maka tubuhnya akan selalu menagih barang haram tersebut, dan tentunya para pengguna itu tidak memiliki masa depan yang cerah,” imbuhnya. 

Oleh karena itu, Cellica berharap seluruh siswa yang hadir dalam sosialisasi ini dapat mensosialisasikan kembali ilmu dan pengetahuan yang telah didapat kepada keluarga, teman-teman, dan masyarakat lainnya. Terlebih remaja merupakan generasi penerus bangsa, dan dipundak kalianlah tanggung jawab pembangunan Kab. Karawang di masa yang akan datang. ”Kemajuan dan kemunduran Kab. Karawang akan sangat bergantung pada kualitas generasi penerusnya, yang tentunya harus bersih dari narkoba,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Jatisari, H. Mansur, S.Pd berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa dapat semakin mengetahui akan bahaya penyalahgunaan narkoba, dan semakin menambah ilmu guna menjadi manusia yang berguna. ”Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Cellica, dan jajaran BNK Karawang yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk mengadakan kegiatan ini,” ujarnya. (Tim)