Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, October 31, 2011

Bupati : "CSR PT. Asia Pacific Fibre Seharusnya Diikuti Perusahaan Lain."

Bupati meresmikan Ruang Rawat Inap Puskesmas Klari
The Karawang Post.com - Bupati Karawang, H. Ade Swara mengingatkan kembali kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kab. Karawang untuk tidak lupa melaksanakan tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) masing-masing. 

Pesan tersebut disampaikan oleh Bupati H. Ade Swara saat meresmikan Ruang Rawat Inap Puskesmas Klari yang merupakan bantuan dari PT. Asia Pacific Fibre, Senin (31/10).

Bupati mengatakan, beragam kegiatan CSR yang telah dilaksanakan PT. Asia Pacific Fibre tersebut hendaknya dapat diikuti dan ditindaklanjuti oleh perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kab. Karawang. “Terlebih kegiatan pembangunan di Kab. Karawang hanya dapat berjalan baik apabila terdapat sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah, pihak swasta, serta masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Tanpa adanya sinergitas dari ketiga komponen tersebut, lanjut Bupati, program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan dan masyarakat tidak akan dapat terwujud. “Untuk itu, sekali lagi saya mengharapkan agar program CSR yang telah digagas oleh PT. Asia Pacific Fibre dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di Kab. Karawang,” imbuhnya.

Bupati juga berharap, agar setiap kegiatan CSR yang diselenggarakan oleh masing-masing perusahaan dapat dikoordinasikan dengan Forum Koordinasi CSR yang telah dibentuk Pemerintah Daerah. “Forum ini tidak menggalang dana CSR, melainkan hanya mengkoordinasikan saja, dengan harapan program CSR yang dilakukan perusahaan tidak tumpang tindih sehingga benar-benar dapat dirasakan masyarakat,” tambahnya.

Disisi lain, Bupati H. Ade Swara juga menilai kegiatan CSR yang diselenggarakan PT. Asia Pacific Fibre sangat relevan dengan keinginan Pemerintah Daerah, baik dalam upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, maupun untuk meningkatkan penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas, mengingat masalah kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sekaligus menjadi variabel untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Wakil Ketua Yayasan Asia Pacific Fibre, Tunarya menjelaskan bahwa pihaknya memiliki beberapa kegiatan CSR di Kab. Karawang untuk tahun 2011 ini. Beberapa diantaranya pembangunan Ruang Rawat Inap di Puskesmas Klari, penyediaan sarana air bersih di Puskesmas Curug, program pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita kurus di Kecamatan Klari, perlengkapan Posyandu serta kendaraan operasional/mobil siaga untuk Desa Kiara Payung. (Tim)