Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Thursday, January 3, 2013

Warga Sukaluyu Telukjambe Karawang Demo Pabrik Sukucadang Motor

Demo Warga Desa Sukaluyu Telukjambe Karawang di KIIC
The Karawang Post.com – Puluhan warga Desa Sukaluyu Kecamatan Telukjambe, Karawang, Jawa Barat, berunjuk rasa di halaman kantor dibangun pabrik sukucadang sepeda motor di Kawasan Industri KIIC Telukjambe Karawang, Kamis (3/1) siang.

Warga protes karena merasa dibohongi oleh manajemen perusahaan PT Subur Jaya Teguh yang semula menjanjikan memberikan pengelolaan limbah sisa industri (scraf) dari pabrik suku cadang motor tersebut kepada warga Desa Sukaluyu, tapi ternyata limbah scraf itu akan diberikan kepada pihak pengelola limbah dari Bekasi.

Warga menggelar spanduk bertuliskan: “Kami Atas Nama Warga Masyarakat Karawang, Khususnya Desa Sukaluyu Tidak Mau Dan Tidak Akan Mentelolir Cara-Cara Memecah Belah Kerukunan Dan Ketenteraman Yang Sudah Terjalin Oleh Oknum Management PT. Subur Jaya Teguh Dan LSM Panda Bekasi, Kami Siap Mengusir Oknum Yang Akan Mengacaukan Wilayah Kami!!! (Warga Masyarakat Desa Sukaluyu)”

“Aneh, seharusnya limbah itu diberikan kepada warga setempat, bina lingkungan, bukannya dikelola oleh orang Bekasi yang notabene adalah “orang luar”, disinyalir ada oknum manajemen yang bermain mata dalam permasalahan ini," ujar Roni warga yang ikut dalam demo siang itu.

“Sudah hampir satu bulan kami melakukan aksi protes, ke manajemen pabrik sukucadang itu, tetapi mereka dari pihak manajemen belum juga ada kepastian, siapa sebenarnya yang akan mengelola limbah industri pabrik ini,” ucap Asep S menambahkan.

Menurut Rambo, Ketua LSM Forum Masyarakat Lingkungan (FORMALIN) Kabupaten Karawang, “wajar saja kalau warga Karawang marah, demo atau berbuat nekat jika pengelolaan limbah itu diberikan kepada orang Bekasi. Manajemen pabrik itu tidak bijaksana, bahkan kurang ajar. Padahal pabrik-pabrik di Karawang mengotori sungai Citarum, warga Karawang yang dirugikan, bukannya orang Bekasi. Bupati Karawang H. Ade Swara harus turun tangan karena jika dibiarkan berlarut bisa bikin suasana tidak kondusif. Usir oknum manajemen pabrik yang nakal itu dari bumi Karawang. LSM Formalin mendukung warga Sukaluyu Telukjambe Karawang yang diperlakukan tidak adil dan tertindas,” kata Rambo dengan berapi-api.

Asep menambahkan, “warga akan melayangkan surat protes yang ditujukan kepada manajemen pabrik dan tembusannya ditujukan kepada Bupati Karawang Ade Swara,” ujarnya.
                                         
Sementara itu di depan pabrik tersebut nampak para pendemo hingga Kamis petang, masih berada di lokasi halaman pabrik, menunggu pernyataan resmi dari manajemen pabrik suku cadang motor tersebut. (Tim)