Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Wednesday, April 17, 2013

SBY Kunker di Kab. Karawang Didampingi Bupati Ade Swara dan Sambutan Meriah Ribuan Masyarakat Karawang

Presiden SBY bersalaman dengan Bupati Karawang Ade Swara
The Karawang Post.com - Hari pertama Presiden SBY beserta rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Senin (15/4). Titik pertama yang menjadi tempat transit adalah Area Kawasan PT Pupuk Kujang.

Setiba di lokasi SBY dan Kabinet menteri melaksanakan rapat di gedung utama. Usai rapat, sore harinya SBY bersama Tim Kepresidenan melakukan kegiatan pertandingan Volly persahabatan melawan tim yang di dalamnya terdapat Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Bupati Karawang Ade Swara. Dalam suasana tersebut tercipta keakraban diantara para pucuk pimpinan RI, Provinsi Jabar serta Kabupaten Karawang.

Usai sholat Isya, Presiden SBY beserta istri Hj Ani Yudhoyono, menggelar makan malam bersama dengan dihibur penyanyi, lokasi makan malam masih di area PT Pupuk Kujang tersebut. Presiden bersama para menteri duduk satu meja bersama Bupati Karawang Ade Swara dan Istri Hj Nurlatifah. Untuk hiburan bergantian para menteri berinisiatif meramaikan acara itu, giliran pertama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyanyikan tembang, di ikuti oleh Menteri Perdagangan Gita Wiryawan. Saat waktu menunjukan pukul 21:30. Presiden bersama Bupati Karawang beranjak meninggalkan tempat makan malam untuk beristirahat.

Keesokan harinya, Selasa (16/4). Presiden SBY meluncur ke titik pertama Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pasir Putih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kab Karawang. Pada kesempatan itu SBY di dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif Cicip Sutardjo, Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf, Bupati Karawang Ade Swara dan Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Yang pertama menjadi tujuan Presiden SBY adalah berkomunikasi dengan para nelayan dan akan berupaya mengeruk kedangkalan Laut Muara yang mengakibatkan sulitnya transit bagi perahu-perahu nelayan yang mengangkut hasil tangkapan ikan. 

Presiden SBY langsung menginstruksikan Kementrian PU agar langsung melaksanakan eksekusi, dan menghimbau kepada Bupati Karawang agar terus mengontrol proyek pekerjaan tersebut demi mata pencaharian masyarakat, dan kemudian akan dibangun stasiun Solar untuk mencegah kelangkaan pasokan Solar. Hal itu pun sudah di instruksikan kepada jajaran Pertamina.

Kemudian Presiden SBY juga melakukan monitoring ke industri Rajungan. Kepada para nelayan Presiden memberikan bantuan modal awal untuk melaut sebesar Rp 300 Juta dan sembako untuk 1500 KK.

Melanjutkan agenda Kunkernya Presiden SBY melakukan Panen Raya di Desa Rawa Gempol Wetan Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Pada kesempatan tersebut Presiden mengatakan, “sebagai anugerah Allah yang besar dapat melihat langsung sektor pertanian, berkenaan dengan itu Program Pemerintah baik atau tidaknya, harus di dengar langsung, harapan, keinginan dan usulan langsung dari masyarakat. Mari kita pecahkan bersama masalah yang ada, untuk usulan alat-alat akan kami bantu, untuk antisipasi petani yang dirugikan, mengenai harga akan senantiasa terus di komunikasikan antar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” ujar Presiden.

Bupati Karawang Ade Swara menjelaskan, yang menjadi produksi unggulan padi di daerah Karawang khususnya adalah di daerah Cilamaya. “Kami akan mempertahankan Kabupaten Karawang sebagai Lumbung Padi Nasional, dan saat ini Karawang sudah menjadi Dua Besar penghasil Pangan tingkat Nasional. Itu adalah prestasi yang sangat luar biasa, untuk itu para pahlawan pangan, yaitu para petani harus terus eksis bertani untuk memasok pangan ke seluruh Indonesia,” ujar Bupati Karawang Ade Swara. Dalam kesempatan itu Presiden SBY sempat mencicipi kualitas rasa gabah Karawang tersebut. Presiden sangat apresiasi terhadap potensi pertanian yang ada di Kab Karawang.

Waktu menunjukan jam 12 siang, Dzuhur. Presiden beserta rombongan mulai beranjak pulang meninggalkan lokasi. Ternyata antusias masyarakat Kabupaten Karawang dalam menyambut kedatangan Presiden SBY beserta rombongan sangat meriah. Nampak ribuan masyarakat Karawang, terutama dari dua Kecamatan, Cilamaya Kulon dan Cilamaya Wetan berbondong-bondong mengiringi Kunker Presiden SBY di Kabupaten Karawang Jawa Barat yang dipimpin oleh Bupati Ade Swara. (Tim)