Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, December 30, 2013

PT. Pupuk Kujang Stok Urea Untuk Januari 2014



KARAWANG POST.COM - PT. Pupuk Kujang untuk memenuhi  kebutuhan urea  januari 2014, sudah  menyetok di gudang lini II dan lini III sebanyak 84.159 ton, 7.157 ton pupuk NPK, 5.783 ton organi.  Hal ini, di tahun  2013 juga  memproduksi urea sebanyak 885.868 ton dan dari jumlah tersebut, (prognosa akhir tahun 2013) 571.857 ton telah di distribusikan kewilayah tanggung jawab meliputi seluruh Provinsi Jawa Barat.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT dan menghaturkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung PT Pupuk Kujang ditahun 2013 sehingga bias beroperasi dan mengamankan kebutuhan pupuk diwilayah tanggung jawab kami,” ungkap Bambang Tjahjono dalam acara pengantongan pupuk akhir tahun 2014 di Cikampek.

Dijelaskan, hasil produksi amoniak tahun 2013yang dicapai 2 pabrik milik PT Pupuk Kujang sebanyak 584.145,61 ton, Urea sebanyak 891.253,49 ton, Pupuk Majemuk NPK sebanyak 146.184,05 ton, dan Pupuk organik sebanyak 24.567,70 ton. Dalam proses produksi 2013 ini terdapat beberapa kendala seperti Pupuk Kujang 1A sempat mengalami shut down yang ,menyebabkan tidak dapat beroperasi selama beberapa waktu. “kendala-kendala yang ditemui selama tahun 2013 ini alhamdulilah sudah ditangani secara tepat, sehingga pabrik dapat kembali beroperasi dan pasokan pupuk tetap aman dan terjaga ketersediaannya bagi para petani.”  akui  Bambang Tjahjono.

Dalam hal ini di tahun 2013 kami senantiasa melakukan koordinasi dengan pihak dan instansi terkait guna menjaga ketersediaan  pupuk sampai ketangan petani.  Ia mengatakan  akan terus waspada dan melakukan antisipasi menghadapi puncak kebutuhan pupuk para petani  apalagi di musim penghujan saat ini. 

Selain itu, untuk mengamankan distribusi pupuk bersubsidi, PKC telah melaksanakan berbagai langkah diantaranya penerapan system DO online penempatan petugas pemantau distribusi dilapangan, penyediaan kendaraan pengangkut pupuk untuk daerah remote (terpencil), dan system pelaporan F5 dan F6 secara online.

Direktur utama PT Indonesia Holding Company Arifin Tasrif mengapresiasi inovasi  kinerja perusahaan ditahun 2013 ini serta kerjasama direksi yang kooperatif dan sinergis. Secara khusus yang memeberikan pengarahan agar jajaran pemasaran Pupuk Kujang dapat melakukan berbagai terobosan baru untuk menjual produk perusahaan serta kendala produksi tahun 2013 untuk dijadikan sebagai pembelajaran agar tidak terjadi lagi ditahun-tahun yang akan datang.

Hasil kinerja lainnya di tahun 2013 , pupuk Kujang berhasil meraih sederet prestasi membanggakan diantaranya, PROPER hijau dari kementrian lingkungan hidup, penghargaan industri hijau tingkat 5 dari kementrian perindustrian, penghargaan raksa prasadha dari Gubernur Jawa Barat. Skor Survei kepuasan lingkungan mencapai 80.11 atau meningkat 7,11 poin dengan kategori ‘ Sangat Puas’,Tim Gugus kendali Mutu (grup ISBL danAK18) meraih peringkat tertinggi (Excellence Award) pada perhelatan Quality Control Internasional di Taiwan, Juara III BUMN berdaya saing terbaik kategori Agroindustri dalam ajang Anugerah BUMN 2013, SMP Pupuk Kujang berhasil meraih juara II untuk sekolah sehat se- Jawa Barat, Taman Kanak-kanak Pupuk Kujang berhasil menjadi TK terbaik Se-Jawa Barat, Paskibraka SMP meraih juara Umum Pada perlombaan Paskibraka tingkat SMP Se-Jawa Barat di bidang K3, Jumlah hari kerja tanpa kecelakaan s.d. Oktober 2013. ***(Heddy)