Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Thursday, September 29, 2011

PSB Online 2012 Kabupaten Karawang

The Karawang Post. Com - Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Karawang, Deden Tosin, memprogramkan bahwa Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ajaran 2012 akan di-Online-kan. Hal ini, dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan siswa sekolah, baik di tingkat SLTP maupun SLTA.

Menurutnya, lewat sistem online tadi, tidak bakal terjadi pembengkakan jumlah siswa baru pada setiap kelas baik di tingkat SLTP maupun tingkat SLTA yang semasa beberapa tahun ini dialami pihak sekolah terutama di jantung kota Kabupaten. Kemudian lewat online itu juga sistem ranking sebagaimana nilai siswa yang bisa diterima sesuai  passingrade tadi, bisa diketahui lewat internet.

Walhasil, baik siswa yang diterima maupun tidak diterima pada tempat sekolah mendaftar, tidak menimbulkan penilain miring terhadap panitia PSB itu sendiri. "PSB dengan sistem online hasilnya dimungkinkan tidak bakal menimbulkan kecurigaan di antara calon siswa yang diterima dan calon siswa yang tidak diterima pada tempat mereka mendaftar," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Karawang, kemarin, di ruang kerjanya.

Lebih jauh Kadisdik menjelaskan, jika PSB bisa berjalan sesuai dengan yang diprogramkan, ini juga bakal membawa angin segar terhadap penerimaan yang dilakukan pihak sekolah tingkat SLTP dan SLTA di Kabupaten Karawang. Kenapa demikian? karena sekolah-sekolah swasta tadi, bisa berlomba untuk menjaring calon siswa baru yang nilainya tidak memenuhi passinggrade sebagaimana sudah ditetapkan pihak sekolah negeri di Kabupaten Karawang.

Ia berharap untuk ke depan, lulusan sekolah tingkat SLTP maupun SLTA mampu bersaing dalam event pendidikan dengan sekolah-sekolah yang berada di kota-kota besar lainnya. Kemudian para lulusan sekolah asal Kabupaten Karawang lewat peningkatan mutu belajar terutama tingkat SLTA, diharapkan banyak diterima di perguruan tinggi yang sudah punya nama dan berkualitas, dimana diharapkan bisa melahirkan para intelektual yang berguna bagi Nusa Bangsa dan Negara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Karawang, Deden Tosin, berharap program penerimaan calon siswa baru di tingkat SLTP dan SLTA dapat dukungan dari segala lapisan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Karawang. Karena, untuk meningkatkan mutu pendidikan tadi, pelaksanaannya memerlukan dukungan dari berbagai pihak. "Saya berharap program PSB Online ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan," ujar Deden Tosin. (Tim)