Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Wednesday, October 12, 2011

Cellica Gelar Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS Warga Binaan Lapas Karawang


dr. Cellica Nurachadiana Ketua KPA Kab Karawang
The Karawang Post.com - Sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus HIV dan AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabuaten Karawang Melakukan kegiatan sosialisasi bahaya dan penanggulangan HIV AIDS yang diikuti oleh 100 warga binaan Lapas Kelas IIA Karawang, di Lapas Karawang, Rabu (12/10). Sosialisasi tersebut dibuka resmi oleh Wakil Bupati Karawang juga selaku Ketua KPA Kabupaten Karawang, dr. Cellica Nurachadiana.

Dalam sambutannya Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang Drs. Wahidin, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dan kerjasama yang baik antara KPA, Pemda Karawang dan Lapas yang konsisten memerangi Narkoba dan menanggulangi bahaya HIV/AIDS di Karawang. Pihaknya sangat apresiatif atas digelarnya kegiatan ini mengingat warga binaan kami sangat minim pengetahuan mengenai HIV/AIDS, dengan digelarnya kegiatan ini akan menambah ilmu dan bekal kepada mereka, siapa tahu ada diantara warga binaan yang terindikasi virus ini. Ucapnya.

Lebih lanjut Wahidin mengatakan sebanyak 100 dari 700 warga kami yang ikut sosialisasi ini mudah-mudahan usai mendapatkan bekal dan ilmu yang dapat ditransfer kepada rekan yang lain sehingga ada kesepaham, siapa tau usai menjalankan hukuman dan telah insyaf, mereka akan menjadi Kader di KPA. Pungkasnya.
 
Wakil Bupati dr. Cellica dalam kesempatan itu mengatakan, dirinya atas nama Ketua KPA dan Pemerintah Kabupaten Karawang berupaya terus melakukan sosialisasi. Dikarenakan kegiatan ini memiliki arti penting dalam upaya memutus mata rantai penyalahgunaan Seks bebas dan Jarum suntik, lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, keberadaan HIV/AIDS bagaikan fenomena gunung es, dimana jumlah kasus sesungguhnya jauh lebih besar dari data-data yang dipaparkan. 

Diperkirakan sampai dengan bulan Septemer 2011 angka kasus yang terjangkit virus berbahaya itu mencapai 270 Kasus dan kebanyakan kaum pria. Menurutnya sampai saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan, oleh karenanya marilah kita bersama-sama memerangi dan menghindari perbuatan yang tidak sehat, melakukan hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan. 

Namun bagi yang telah terjangkit HIV/AIDS kita bersama-sama harus menyadari bahwa penderita jangan dijauhi dan jangan diasingkan, lebih baik mereka direhabilitasi dengan melakukan komunikasi yang baik dan benar. (Tim)