Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, October 10, 2011

TNI Manunggal Masuk Desa Kab. Karawang Tahun 2011

Keberhasilan TMMD sangat ditentukan oleh kerjasama semua pihak
The Karawang Post.com - Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dengan membangun berbagai sarana dan prasarana publik yang sangat diperlukan oleh warga setempat yang dilaksanakan secara terpadu antara Pemda, Prajurit TNI dan warga masyarakat, serta sebagai bentuk Kemanunggalan TNI dengan masyarakat.  TNI menggelar TMMD Ke 85 Tahun 2011 di Desa Pagadungan, Kec. Tempuran, Kab. Karawang, Senin (10/10). 

Prosesi upacara pembukaan tersebut ditandai dengan penyerahan peralatan kepada perwakilan TNI dan masyarakat untuk digunakan dalam pelaksanaan kegiatan, dan juga melakukan penanaman pohon. Tema yang diusung pada pelaksanaan TMMD kali ini adalah: “Kita Tingkatkan Sinergitas Lintas Sektoral dalam Memberdayakan Masyarakat  di Daerah Pedesaan dalam Rangka Meningkatkan Akselerasi Pembangunan dalam Mewujudkan Ketahanan Wilayah yang Tangguh Guna Keutuhan NKRI“. 

Dalam sambutannya Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI M. Munir  mengatakan, program TMMD 85 tahun 2011 ini akan melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan fisik seperti pembangunan dan rehabilitasi sarana umum yang langsung bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat serta kegiatan non fisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat. “Kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan juga menumbuhkan budaya gotong-royong masyarakat dalam membangun daerah,” ujarnya. 

Manfaat lain yang dapat diambil dari pelaksanaan program TMMD, lanjut M. Munir adalah pemberdayaan kemampuan dan potensi yang dimiliki warga masyarakat. “Sehingga dalam proses pembangunan bangsa warga masyarakat tidak hanya dijadikan obyek tetapi sebagai subyek pembangunan,” jelasnya. 

Menurut Munir, Keberhasilan TMMD sangat ditentukan oleh kerjasama yang erat dari semua instansi terkait serta partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat. ”Oleh karena itu tolok ukur keberhasilan kegiatan ini tidak hanya dilihat dari pelaksanaan programnya tetapi juga dilihat sejauh mana partisipasi dari keikutsertaan warga masyarakat dalam setiap kegiatan,” tambahnya.  

Munir juga memberikan pesan-pesan moral kepada para prajurit yang akan bertugas untuk senantiasa ikhlas beramal. “Artinya bekerja dengan baik tidak mengharapkan imbalan atau jasa dari siapapun cukup Tuhan Yang Maha Esa yang akan membalas jasa dan hasil kerja baik saudara, hormati adat istiadat daerah ini, kemudian hindari kontra dan konflik baik pribadi atau kelompok, dan gunakan tenaga pikiran saudara yang baik guna keberhasilan TMMD ini dan selalu Pedomani 8 Wajib TNI,“ pesannya. 

Bupati Karawang, H. Ade Swara yang turut hadir dalam kesempatan tersebut berharap Program TMMD ini dapat mempercepat pembangunan infrastruktur  di Kabupaten Karawang. Oleh karena itu, dirinya berharap Program TMMD di Karawang dapat terus dilakukan secara kontinyu guna mempercepat pembangunan di segala bidang. ”Terima kasih kepada TNI yang telah memberikan jasa kepada masyarakat guna mewujdukan masyarakat yang maju dan mandiri, semoga kehadiran TMMD ini menambah wawasan berpikir masyarakat Karawang yang lebih maju dan menambah jalinan silaturahmi diantara kita,” tambahnya.  

Sementara itu, Pembukaan TMMD ke 85 tahun 2011 juga dihadiri Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana, Ketua DPRD Karawang H. Tono Bachtiar,SP, Kapolres Karawang Merdisyam, Dandim 06/04 Karawang Haryono, Kepala Kejaksaan Karawang Katarina Endang Sarwestri, SH, Sekretaris Daerah Ir. H. Iman Sumantri, Pejabat di lingkungan Pemkab Karawang, unsur Muspida, Kementrian Agama Karawang, PKK, LSM, Tokoh Masyarakat ,Tokoh Agama, dll. (Tim)