Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Friday, November 4, 2011

Bupati Karawang Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan SEA GAMES 2011


Bupati Karawang Drs. H. Ade Swara Gelar Pasukan Operasi Among Raga dalam rangka Pengamanan Cabang Olahraga Dayung SEA Games 2011
The Karawang Post.com - Penyelenggaraan SEA Games 2011 tinggal menghitung hari. Kabupaten Karawang yang ditunjuk sebagai lokasi pertandingan Cabang Olahraga Dayung pada SEA Games 2011 terus berbenah diri, khususnya di sektor pengamanan yang merupakan kunci keberhasilan penyelenggaran. Untuk itu Bupati Karawang, H. Ade Swara memimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Among Raga dalam rangka Pengamanan Cabang Olahraga Dayung SEA Games 2011, Jum’at (4/11).

Dalam upacara yang berlangsung di Mapolres Karawang tersebut, Indonesia di daulat sebagai tuan rumah pelaksanaan SEA Games 2011, dimana pertandingan secara umum akan dilaksanakan di Propinsi Sumatera Selatan. Namun demikian, terdapat beberapa cabang olahraga yang diselenggarakan diluar Propinsi Sumatera Selatan, yaitu Jakarta dan Jawa Barat. “Ada 3 Kabupaten di Jawa Barat yang dijadikan lokasi pertandingan, dimana Karawang adalah salah satu daerah yang dipercaya untuk tempat pelaksanaan Cabang Olahraga Dayung, yaitu di di Danau Cipule Kecamatan Ciampel,” ujarnya.

Bupati mengatakan, kepercayaan sebagai tuan rumah tersebut tentunya merupakan tantangan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Karawang, khususnya dalam rangka memberikan rasa aman dan tentram selama pelaksanaan SEA Games. “Oleh karena itu, Kita sebagai masyarakat Karawang harus mendukung penuh demi kesuksesan event ini, tentunya dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab”, pesannya.

Bupati melanjutkan, jumlah personil yang disiagakan untuk pengamanan Cabang Olahraga Dayung SEA Games di Kab. Karawang adalah sebanyak 735 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 535 personil Polisi, 100 personil TNI, dan 100 personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP. “Jumlah tersebut masih ditambah oleh ratusan personil yang merupakan bantuan PAM Swakarsa masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan pertandingan SEA Games sendiri, akan dimulai pada tanggal 10 hingga 22 November 2011. Namun demikian, para peserta diperkirakan telah tiba sejak hari H-7 dalam rangka persiapan pertandingan, “Untuk itu, kepada seluruh anggota tim pengamanan, diharapkan harus sudah memulai pelaksanaan tugas sebelum pertandingan dimulai. 

Di sisi lain, Bupati juga menilai penyelenggaraan SEA Games di Kabupaten Karawang akan berpengaruh terhadap meningkatnya aktifitas masyarakat dan akan berdampak pada meningkatnya kemungkinan gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Karawang. “Hal ini tentunya perlu diantisipasi guna menghindari hal yang tidak diinginkan, karena dapat berpengaruh terhadap roda pembangunan dan roda kehidupan masyarakat Karawang,” ujarnya.

Menurut Bupati, sebelum kegiatan ini, pihak Polres Karawang telah melaksanakan Operasi Sikat Lodaya 2011 yang dilaksanakan selama 30 hari untuk menurunkan tingkat kriminalitas sebelum hari H pelaksanaan SEA Games. “Operasi tersebut terbukti cukup berhasil dalam menurunkan angka kriminalitas di Kabupaten Karawang, namun demikian, masih perlu ditingkatkan kembali khusunya pada saat pelaksanaan SEA Games 2011,” imbuhnya.

Peranan aparat keamanan pada SEA Games 2011 memiliki nilai yang sangat penting. Hal ini karena kemanan dan ketertiban menjadi salah satu faktor utama bagi kelangsungan jalannya pertandingan, selain itu, citra bangsa Indonesia di mata internasional akan dipertaruhkan dalam keberhasilan dan kelancaran SEA Games. “Untuk itu, melalui Gelar Pasukan ini, para peserta pengamanan diharapkan dapat memahami dan mengetahui tugas dan peranannya masing-masing sehingga penyelenggaraan SEA Games di Kabupaten Karawang dapat berjalan aman, tertib, sukses dan lancar,” tambahnya. (Tim)