Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Saturday, August 25, 2012

Bupati Halal Bihalal Dengan Masyarakat Karawang di Karang Pawitan


Bupati dan Bunda Nurlatifah dalam acara Halal Bihalal 
The Karawang Post.com - Mengawali kegiatan senam pagi bersama antara Pegawai Negeri Sipil dan masyarakat di Lapang Karang Pawitan, diwarnai kegiatan halal bihalal antaran Bupati Karawang, H. Ade Swara dan istrinya “Bunda” Hj. Nurlatifah beserta Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana dan para pejabat daerah melakukan halal bihalal, Jumat (24/8).

Dalam kegiatan tersebut, tampak Bupati, Bunda, Wakil Bupati dan para pejabat daerah saling bersalam-salaman dan bermaafan bersama masyarakat Karawang. Masyarakat dan para PNS berbaris rapi untuk bergantian bersalaman dengan pemimpinnya. Tradisi halal bihalal sendiri telah rutin dilakukan oleh Bupati Ade Swara beserta keluarga setiap hari raya Idul Fitri tiba.
Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa dirinya atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah kepada seluruh PNS, serta menyampaikan permohonan maaf yang sebesarnya-besarnya atas semua kesalahan dan kekurangan yang ada selama ini, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Di samping itu, Bupati juga menyampaikan laporan kinerja Pemerintah Daerah secara langsung kepada masyarakat yang hadir di Lapang Karang Pawitan, khususnya terkait performa APBD tahun 2012. “Hingga tanggal 14 Agustus 2012 ini, Pendapatan Daerah telah mencapai sekitar 68 persen dari target yang telah ditetapkan, atau mencapai Rp. 1,304 miliar,” ujarnya.

Sedangkan di sektor Belanja Daerah, serapan anggaran telah mencapai 40 persen, yang terdiri dari serapan anggaran Belanja Langsung mencapai 60 persen, dan serapan anggaran Belanja Tidak Langsung mencapai hampir 29 persen. “Apabila dibandingkan dengan daerah lain, serapan anggaran Kab. Karawang termasuk cukup tinggi, dimana Kab. Bekasi hanya sekitar 11 persen, Kota Bekasi 15 persen, dan Subang hanya 24 persen,” jelasnya.

Bupati melanjutkan bahwa performa APBD Tahun 2012 ini merupakan prestasi tersendiri yang cukup baik, karena telah melampaui daerah-daerah lainnya. Namun demikian dirinya tetap akan menggenjot kinerja masing-masing dinas/instansi untuk dapat melampaui target yang telah ditetapkan. “Insya Allah pada akhir tahun anggaran nanti, serapan anggaran akan dapat direalisasikan seluruhnya,” imbuhnya.

Usai halal bihalal tersebut, Bupati mempersilakan seluruh masyarakat yang hadir untuk bersama-sama dengan dirinya bersantap pagi. Untuk keperluan tersebut, pihak Pemda  sendiri telah memborong sejumlah pedagang makanan yang ada di Lapang Karang Pawitan, seperti soto, bubur, batagor, bakso, dan lain-lain. Masyarakat Karawang dipersilakan untuk memilih sendiri makanan yang ingin mereka santap. Selamat Hari Raya idul Fitri 1433 H. Minal Aidin Wal fa Idzin, Mohon Ma’af Lahir dan Batin. (Tim)