Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Friday, January 5, 2024

Disdukcapil Karawang Sudah Jemput Bola Rekam e-KTP Pemilih Pemula Jelang Pemilu 2024


Karawang Post –
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang mengungkap, per 5 Januari 2024 pemilih pemula yang masuk Daftar Pemilih Tetap DPT. Sejak penetapan DPT pada 21 Juli 2023, pemilih pemula yang belum rekam KTP-el tinggal 9.000 pemilih.

“Data Capil itu kan dinamis. Dari total 1,7 juta pemilih yang terdaftar di DPT Setiap hari berubah. Tapi data tanggal 4 Januari usia 17 sampai 14 Desember  2024, kalau yang sudah melakukan perekaman banyak, dan masih ada sekitar 9.000 pemilih baru yang belum melakukan perekaman data  KTP-el. Mereka sudah dikirim undangan untuk melakukan perekaman e-KTP,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Disdukcapil Karawang, Elfan Yanuar Assidiq di kantornya, Jum’at 05 Desember 2024 lalu.

Elfan menambahkan pemilih pemula ini berasal dari kalangan pelajar SMA/ SMK. Mereka umumnya masih duduk di kelas XI dan XII.

Banyaknya jumlah pemilih pemula yang belum rekam e-KTP membuat petugas Disdukcapil Kabupaten Karawang melakukan jemput bola dalam melakukan perekaman e-KTP. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah tingkat SMA, SMK agar siswa-siswa yang terdata sebagai pemilih pemula melakukan perekaman di masing-masing kantor Kecamatan.

“Siswa siswi yang belum melakukan perekaman agar melakukan perekaman di Kecamatan-Kecamatan setempat selama libur semester kami sudah mempersiapkan peralatan dan petugas untuk melakukan perekaman dan ditargetkan bulan Januari perekaman sudah selesai semua,” lanjut Elfan Yanuar Assidiq.

Elfan melanjutkan pihaknya sudah melakukan perekaman dengan jemput bola di sekolah-sekolah sebelum libur sekolah. Namun antusias siswa mengikuti perekaman rendah karena banyak dari siswa yang tidak mengikutinya.

“Sebelumnya sudah jemput bola, tapi hasilnya tidak banyak. Harapan saya bagi mereka yang sudah berusia 17 tahun agar segera melakukan perekaman e-KTP. Dan kebetulan dalam liburan sekolah ini siswa telah diberi tugas oleh sekolah untuk melakukan perekaman KTP-el di masing-masing kantor Kecamatan,” terangnya. (TIM***)