Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Tuesday, October 25, 2011

Pemkab Karawang Kucurkan Rp.120 Miliar Untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan Tahun 2011

Bupati, Kadin Bina Marga dan Kabag Humas meninjau lokasi
The Karawang Post.com - Pemerintah Kabupaten Karawang mengucurkan dana hingga mencapai Rp.120 miliar untuk membiayai berbagai proyek pembangunan infrastruktur jalan tahun 2011.

Kucuran dana yang cukup besar tersebut dialokasikan guna meningkatkan akses terhadap sentra ekonomi dan pusat aktifitas masyarakat di tingkat desa dan kecamatan. Hal tersebut diungkapkan Bupati Karawang, H. Ade Swara saat meninjau pelaksanaan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur jalan di beberapa kecamatan, Selasa (25/10).

Dalam kesempatan tersebut Bupati H. Ade Swara menjelaskan bahwa anggaran yang dialokasikan bagi pembangunan infrastuktur jalan pada tahun 2011 ini cukup besar, yaitu mencapai Rp.120 miliar, dan direncanakan akan ditambah sekitar Rp.8,4 miliar pada APBD Perubahan Tahun 2011. “Alokasi anggaran tersebut meliputi perbaikan, pemeliharaan, serta peningkatan kualitas jalan,” imbuhnya.

Dalam realisasinya, lanjut Bupati, anggaran tersebut akan digunakan bagi peningkatan jalan sepanjang 134,7 KM, meliputi pembangunan jalan beton (rigid) 50,3 KM, pembangunan jalan hotmix 34,3 KM, dan perkerasan (penyirtuan) 50,1 KM. Sedangkan pemeliharaan jalan  akan direalisasikan sepanjang 8,5 KM meliputi pemeliharaan jalan beton 0,75 KM, pemeliharaan jalan hotmix 4,3 KM, dan pemeliharaan perkerasan 3,5 KM. “Dengan demikian, total Infrastuktur jalan yang dikerjakan pada tahun anggaran 2011 mencapai 143,3 KM,” jelasnya.

Bupati melanjutkan, saat ini peningkatan maupun pemeliharaan jalan tersebut sudah mulai berjalan , dan dibeberapa ruas jalan proses fisiknya sudah ada yang mencapai 100 persen. “Sebagaimana yang telah kita sama-sama lihat, pada sejumlah titik ruas jalan telah selesai dikerjakan, dan di sejumlah titik ruas jalan lainnya, proyek tersebut masih terus dikebut pengerjaannya,” ujarnya.

Disisi lain, Bupati H. Ade Swara juga menyatakan bahwa untuk tahun 2012 mendatang, pembangunan bidang infrastruktur, khususnya jalan akan tetap menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Kab. Karawang. Dimana alokasi anggaran direncanakan meningkat hingga minimal Rp.400 miliar, yang seluruhnya berasal murni dari APBD. “Dalam pelaksanaannya, pembangunan infrastruktur jalan akan dilaksanakan secara proprosional dan merata di seluruh wilayah Kab. Karawang,” tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan, Ir. Yusuf Abdulgani menjelaskan bahwa terdapat 347 paket dalam program pembangunan infrastruktur jalan tahun 2011. Hingga saat ini, sebanyak 62 paket telah selesai dikerjakan 100 persen. Sedangkan sisanya masih dalam proses pengerjaan dan administrasi. “Seluruh nya dipastikan akan terealisasi, dimana kemungkinan tidak terealisasi hanya nol koma sekian persen, dan tidak melebihi satu persen,” tuturnya.

Sementara itu dalam melakukan peninjauan tersebut, Bupati H. Ade Swara yang didampingi para pejabat dinas/instansi terkait, diantaranya Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan, serta Kepala Bagian Humas Setda dan beberapa wartawan, baik media cetak maupun elektronik yang meliput secara langsung proses dan hasil pekerjaan yang sedang dan telah selesai dilaksanakan.

Proses peninjauan tersebut dilakukan terutama pada proyek yang berada di jalur lalulintas yang menghubungkan sentra-sentra ekonomi pedesaan dan kecamatan. Antara lain pekerjaan pada jalur Johar – Karasak, Karasak – Pasar Cilamaya, Cilamaya – Tempuran dan jalur Pagadungan – Layapan.

Jalur-jalur tersebut memiliki aktifitas lalu lintas yang cukup padat, dan menghubungkan beberapa kecamatan, mulai dari Kec. Karawang Barat, Karawang Timur, Majalaya, Telagasari, Lemahabang, Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Tempuran dan Rawamerta. (Tim)