Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, April 22, 2024

Gempar, Keturunan Singaperbangsa Masuk Bursa Pilkada Karawang 2024

Karawang Post – Usai sudah ketuk palu, Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang sengketa Pilpres 2024. Prabowo-Gibran resmi memenangkan Pilpres 2024, menjadi Presiden/Wakil Presiden RI. Senin, (22/04/2024).

Namun hal tersebut telah berlalu, arah perjalanan politik ke depan negeri ini akan tetap terus berjalan seiring waktu menuju masa depan demokrasi Indonesia maju.

Keputusan MK pastinya memengaruhi situasi psikologis dan peta politik putera-puteri terbaik di seluruh negeri untuk menjadi Gubernur di 30 Provinsi se-Indonesia serta Bupati dan Wali Kota di 508 Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang sudah di agendakan dan terencana di  KPU, kini semakin bergulir.

Tak terkecuali di Karawang, Jawa Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Acep Jamhuri yang sudah  masuk dari dulu dalam bursa Calbup Karawang sudah statement, meski dirinya masih terhalang PNS, tapi para pendukungnya sudah membentuk Relawan Acep Jamhuri for Bupati Karawang.  

Anggota DPRD Provinsi Jabar, Gina Fadlia Swara kader partai Gerindra itu pun sudah jelas. Dimana Tunas Indonesia Raya (TIDAR) organisasi sayap partai Gerindra yang ditujukan anak-anak muda itu sudah terang-terangan mendukung Gina Swara menjadi Calbup Karawang 2024.

Yang luar biasa adalah H Aep Syaepuloh, sebagai incumbent, Bupati Karawang yang powerfull, buktinya Aep banyak dilirik dan menjadi rebutan politisi partai besar yang ingin mengusungnya. Buktinya banyak tokoh politik yang berharap ingin bersanding menjadi Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Aep Syaepuloh yang Calon Bupati Karawang petahana.

Namun yang menjadi sorotan warga Karawang, Pilkada Karawang kali ini digemparkan oleh munculnya sosok putera daerah, “Aseli” orang Karawang, yakni, Raden Haji Yana Suyatna, pria kelahiran Karawang, 14 Desember 1965 ini, menyedot perhatian publik.  

Menurut Dony Ardon, wartawan senior, ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Bekasi mengatakan, sebelum digadang-gadang menjadi Calon Bupati Karawang, Raden Haji Yana Suyatna menempati 4 besar hasil Survey 36 Top Person Bakal Calon Bupati Bekasi Periode 2024-2029.

Pengamat sosial politik, Heigel membenarkan, Raden Haji Yana Suyatna sebagai keturunan Singaperbangsa dalam mengikuti kontestasi Pilkada Karawang 2024 tentu saja telah menyedot perhatian publik Karawang.

Rakyat Karawang belum lupa, pasca reformasi, awal sejarahnya Pilkada tahun 2005 lalu, pertama kali diselenggarakan pemilihan Bupati Karawang yang dipilih langsung oleh rakyat.

Salah satu kandidat Calbup Karawang yang populer sebagai tokoh Keturunan Singaperbangsa ke XIX adalah Alm. Haji Detiawarman Calon Bupati Karawang yang diusung oleh PDI-Perjuangan.     

Maka selanjutnya, bukan tidak mungkin Raden Haji Yana Suyatna sebagai Keturunan Singaperbangsa tentunya sangat berpeluang kuat menjadi Calon Bupati Karawang 2024 yang diusung partai besar seperti pendahulunya,” tutup Heigel. (***TIM)