Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Sunday, May 5, 2024

Disdukcapil Kabupaten Karawang Aktivasi IKD Sudah Mulai

Karawang Post - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Bambang Susetyo, AP., MS.i saat dikonfirmasi oleh wartawan Karawang Post melalui telepon selulernya mengatakan, aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Karawang sudah dimulai.

Identitas Kependudukan Digital (IKD) adalah konsep yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dan sistem informasi untuk mengelola data identitas penduduk secara elektronik.   

Aktivasi IKD diharapkan Dimulai Pada Bulan Mei 2024.

IKD adalah versi digital dari dokumen identitas yang dapat diakses secara online. Sementara itu di Jakarta, Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Teguh Setyabudi mengatakan, masyarakat sudah tidak perlu ke kantor Dukcapil lagi untuk melakukan onboarding atau pendaftaran IKD mulai Mei 2024.

IKD adalah versi digital dari dokumen identitas yang dapat diakses secara online. Aktivasi IKD yang dilaksanakan secara bertahap akan bisa dilakukan secara online dengan fitur keamanan biometric, seperti face recognition.

Dirjen Dukcapil Kemendagri itu mengatakan, fitur tersebut sudah dilengkapi dengan sistem deteksi livenes sehingga bisa mencegah proses manipulasi atau penipuan dalam registrasi online IKD.

"Rencana program tersebut akan diujicobakan terlebih dulu, misalnya kepada ASN mulai dari bulan Mei tahun 2024. Hal ini dilakukan untuk menghindari dan memastikan kalau sistem online onboarding ini benar-benar andal dan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya. Selasa (26/3/2024).

Di Kabupaten Karawang meski secara bertahap, masyarakat diharapkan secepatnya mengaktivasi IKD, dikarenakan IKD sangat penting karena terhubung untuk akses layanan publik, Bansos, dan SIM Online.

Faridah (30) seorang wanita warga Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, mengakui sejak IKD diaktivkan di HP-nya urusan terasa menjadi lebih mudah.

“Dengan adanya IKD di HP saya memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan layanan kependudukan bagi masyarakat yang aktif seperti saya ini jadi merasa dimudahkan,” ujarnya.

“Pertama, IKD dapat menyimpan, menampilkan dan berbagi dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan Akta Kelahiran secara aman di HP saya. Lalu kemarin ada kejadian menarik waktu saya ke Bank, saya lupa bawa KTP. Untungnya ada IKD di HP saya, urusan di Bank pun lancar,” katanya sambil tersenyum puas. (***TIM)