Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Tuesday, November 1, 2011

Bupati H. Ade Swara: “Program P2WKSS Nyata Dirasakan Masyarakat Desa Cikalong

Bupati : "Diharapkan P2WKSS Bukan hanya mengejar juara."
The Karawang Post.com - Bupati Karawang, H. Ade Swara mengatakan bahwa keberadaan program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Desa Cikalong, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kab. Karawang secara nyata dirasakan masyarakat sekitar desa. Hal tersebut diutarakan oleh Bupati saat menerima Tim Evaluasi Program P2WKSS Provinsi Jawa Barat di kantor Desa Cikalong, Selasa (1/11). 

Lebih lanjut Bupati mengatakan, implementasi dan hasil dari program tersebut secara khusus sangat dirasakan oleh kaum perempuan di pedesaan, dalam upaya meningkatkan cakupan bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta pemberdayaan perempuan. Disamping, program perbaikan fisik pada P2WKSS, seperti perbaikan rumah tidak layak huni, jalan desa, dan lingkungan sangat dirasakan masyarakat.

Bupati melanjutkan, pelaksanaan program P2WKSS di Desa Cikalong merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui pemberdayaan kaum perempuan sebagai motor penggerak pembangunan, guna mendorong mereka agar lebih mampu berperan mewujudkan keluarga sehat sejahtera. Oleh karena itu ibu-ibu rumah tangga dipandang perlu diberi tambahan pengetahuan dan keterampilan, sehingga bisa mengelola kesehatan keluarga dengan baik serta mengelola sumber-sumber penghasilan keluarga untuk menunjang perekonomian keluarga,” jelasnya.

Terlepas dari keberhasilan yang dicapai pada pelaksanaan program P2WKSS di Desa Cikalong, Bupati Ade Swara juga berharap kepada tim penilai P2WKSS Provinsi Jawa Barat apabila mendapatkan temuan yang diperoleh di lapangan agar segera dilaporkan kepada kepala OPD terkait . “Dengan demikan temuan tersebut akan dijadikan sebagai bahan masukan untuk dievaluasi dan diperbaiki, sehingga apa yang menjadi harapan kita kedepan dalam mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera dan mandiri dapat segera terwujud,” tambahnya.

Disisi lain, Bupati juga mengingatkan agar pelaksanaan penilaian program P2WKSS ini jangan hanya sekedar mengejar gelar juara akan tetapi yang lebih penting adalah manfaat dari program ini dapat dirasakan oleh ibu-ibu rumah tangga. “Oleh karena itu kita harus berupaya untuk mendorong ibu rumah tangga, agar memiliki kemampuan untuk ikut menyehatkan dan mensejahterakan keluarganya masing-masing, sehingga diharapkan mereka mampu berperan aktif  dalam pembangunan di segala bidang yang sedang digalakan oleh pemerintah daerah,” imbuhnya.

Ketua Tim Penilai P2WKSS Provinsi Jawa Barat, Tintin S. Hidayat mengatakan bahwa selain Desa Cikalong di Kec. Cilamaya Wetan, Kab. Karawang, pihaknya juga akan melakukan evaluasi P2WKSS di 5 (lima) desa lainnya di luar Kab. Karawang. “Untuk kepentingan tersebut, seluruh anggota tim dari Provinsi Jawa Barat hadir secara utuh guna melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program P2WKSS di masing-masing desa,” ujarnya.

Tintin menambahkan, Program P2WKSS ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di lingkungan pedesaan, yang diselenggarakan melalui realisasi pemberdayaan keluarga oleh berbagai dinas/insntansi terkait. Program ini sejalan dengan sasaran pembangunan bangsa Indonesia, yaitu untuk menjadikan manusia Indonesia seutuhnya. “Selain itu program ini juga untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan, dimana kaum perempuan dapat turut sebagai subjek pembangunan,” tambahnya.

Kepala Desa Cikalong, Lili Hermanto menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya, program P2WKSS di Desa Cikalong telah berlangsung sejak bulan Mei hingga Oktober 2011, dan dalam kurun waktu tersebut telah diselenggarakan sejumlah kegiatan. Terdapat 24 Organisasi Perangkat Daerah yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah BPMD melalui program PNPM, Disdukcatpil melalui penyuluhan dan pelayanan akta kelahiran gratis, serta berbagai kegiatan dari OPD-OPD lainnya. (Tim)