Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, March 18, 2024

Kadisdukcapil Karawang: Media Harus Ikut Serta Mempromosikan Pentingnya Adminduk

Karawang Post – Pesta Demokrasi sudah usai, data KPU dan Bawaslu Karawang mencatat ada kurang lebih 5000 Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024  kemarin yang disebut generasi Z, mereka ikut berpartisipasi dalam Pemilu.   

Meski kebutuhan KTP sangat diperlukan, namun banyak generasi Z pada umumnya kurang peduli dalam hal  mengurus  KTP, diangap ribet, paling juga mereka mau mengurus setelah lulus sekolah.

Sementara itu Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh saat dikonfirmasi Karawang Post di kantornya mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) selalu membuka pelayanan seluas-luasnya untuk pelayanan publik terbaik untuk masyarakat Karawang.

“Segala dipermudah dan pelayanan gratis, tanpa dipungut biaya apapun dalam proses mengurus dokumen administrasi kependudukan (Adminduk),” tegasnya. (Senin, 18/3).

Kepala Disdukcapil Pemkab Karawang Bambang Susetyo, AP,. M.Si,. menyampaikan kepada awak media. Memang benar kebutuhan KTP sangat diperlukan, dan tugas kami harus memberikan identitas kepada seluruh masyarakat.

Sekarang ini memang banyak generasi Z, kurang peduli mengurus  KTP, paling di urus setelah lulus sekolah. Maka dari itu selain pihak pemerintahan, pihak Sekolah, TNI/Polri, kami juga berharap agar Media juga dapat mempromosikan pentingnya Adminduk, karena secara tidak langsung mereka akan membutuhkan juga nantinya," ujar Bambang.

Untuk itu kami membuka layanan seluas-luasnya, dan selalu berusaha meningkatkan Pelayanan Publik, tinggal datang saja ke kantor Disdukcapil akan kami proses, saya sudah menginformasikan kepada seluruh staf agar melayani setiap kebutuhan masyarakat dalam proses identitas penduduk,” tegas Bambang.

Berkat arahan dari Bupati Karawang, Disdukcapil Karawang mempunyai berbagai program pelayanan prima. Disdukcapil fokus untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat karena merupakan pintu masuk dari seluruh pelayanan publik dalam mengurusi dokumen administrasi kependudukan (Adminduk).

Program Pelayanan Unggulan Disdukcapil Karawang:

 1. Layanan di 30 Kecamatan: Disdukcapil menyediakan layanan di 30 kecamatan, termasuk di kantor dinas dan MPP di Teknomart Galuhmas, dengan layanan di tempat (on side) yang mampu menampung antara 200 hingga 300 pemohon setiap harinya.

2. Program Exmen: Ekstra melayani dengan menambah jam operasional hingga malam hari, bahkan hingga pukul 21.00 WIB, dan tetap buka pada hari Sabtu jika ada kebutuhan mendesak.

3. Program Paten di Setiap Kecamatan: Menyediakan ribuan dokumen administrasi setiap bulannya.

4.  Kerja Sama dengan Rumah Sakit: Memudahkan pengurusan akte kelahiran dengan kerja sama rumah sakit, sehingga warga tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil.

5.  Layanan Adminduk Gratis: Semua layanan adminduk gratis, dan jika ada pungutan liar, masyarakat dapat melaporkan ke Disdukcapil.

6.  Program SIJEMPOL: Sistem jemput bola untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan adminduk, terutama di perumahan, desa, dan sekolah-sekolah.

7. Program Disdukcapil Ada Untukmu (DAU): Melayani kelompok rentan seperti disabilitas, ODGJ, gelandangan, dan orang sakit yang sedang dirawat di rumah sakit, dengan layanan call center.

8. Adminduk Digital: Melakukan pemutahiran data adminduk dan menerapkan adminduk digital, seperti KTP dan KK digital, atau IKD.

Capaian Kinerja Disdukcapil Karawang:

- KIA: Target 50 persen tahun 2023 tercapai 55 persen, dengan target tahun ini dinaikkan menjadi 70-75 persen.

- Akte Kelahiran: Penerbitan mencapai 98 persen atau sebanyak 78 ribu dokumen di tahun 2023.

- E-KTP: Perekaman E-KTP mencapai 100 persen.

Semua capaian ini berkat dukungan pimpinan yang luar biasa, komitmen tim, dan kerja sama yang solid. Disdukcapil Karawang akan terus berupaya menjadi lebih baik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (TIM)