Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, May 2, 2011

Siswa Tidak Hanya Dituntut Cerdas Tapi Juga Berkarakter

Bupati Ade Swara memberi bantuan pada siswa dan guru.

The Karawang Post.Com - Bupati Karawang, H. Ade Swara mengatakan bahwa sejalan dengan perkembangan, para siswa saat ini tidak hanya dituntut untuk menjadi cerdas saja, melainkan juga harus memiliki watak dan karakter yang baik. Hal tersebut disampaikan Bupati saat memberikan sambutan dalam Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2011 Tingkat Kab. Karawang, Senin (2/5).

Melalui pendidikan berkarakter, lanjut Bupati terdapat keterkaitan dan keterlibatan antara pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Sehingga keunggulan siswa dibidang akademis dapat diimbangi oleh karakter dan perilaku yang baik. “Dengan demikian, keahlian akademis yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat positif,” ujarnya. 

Bupati menjelaskan bahwa membangun karakter anak bangsa harus dilakukan sejak masa pendidikan dasar, bahkan sejak pendidikan anak usia dini atau PAUD. Hal tersebut karena semakin tinggi jenjang pendidikan dan semakin dewasanya seorang anak, maka porsi pembentukan karakternya akan semakin sulit. “Oleh karena itu, dengan diterapkan pola pendidikan berkarakter di setiap jenjang sekolah, diharapkan dapat melahirkan generasi muda bangsa yang berkarakter kuat serta kompetitif,” jelasnya.

Menurut Bupati, Kab. Karawang mempunyai sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah, dengan keragaman hayati, geologi dan budaya yang luar biasa, namun diakui kekayaan tersebut belum semuanya bermanfaat bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia unggul, mengingat pendidikan merupakan kunci utama dalam menghasil kan sumber daya manusia unggul yang mampu mengolah dan memanfaatkan sumber daya.

Sedangkan dalam kaitan pembangunan sektor pendidikan, Bupati menegaskan bahwa pendidikan merupakan prasyarat utama dan mutlak dalam proses pembangunan. Hal ini karena tanpa pendidikan yang baik, maka masyarakat yang ada akan sulit untuk mencapai kesejahteraan. “Pentingnya pendidikan dalam pembangunan juga dapat terlihat dari besarnya anggaran APBD Kab. Karawang yang dialokasikan untuk sektor pendidikan telah mencapai 43 persen,” tuturnya.

Untuk itu, pada kesempatan tersebut, dirinya mengajak semua pihak, para pendidik, peserta didik dan masyarakat luas untuk meneruskan cita-cita pendiri negara, meneruskan cita-cita para pahlawan pendidikan, untuk bersama-sama membangun dan memajukan pendidikan. “Sehingga kita dapat menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan dunia internasional,” tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Bupati juga turut menyerahkan bantuan beasiswa dari Bank BNI 46 untuk anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kab. Karawang, yang berada di 5 (lima) sekolah, yaitu SDN Cikarang II Cilamaya Wetan, SDN Cibadak II Rawamerta, SDN Srijaya I Tirtajaya, SDN Sumberjaya III Tempuran, serta SDN Gombongsari I Rawamerta.

Selain itu, Bupati juga turut menyerahkan bantuan beasiswa dari PT. Jamsostek bagi putra/putri berprestasi dari tenaga kerja teladan, dan bantuan beasiswa dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kab. Karawang serta menyerahkan piagam penghargaan kepada guru, kepala sekolah, dan siswa berprestasi di Kab. Karawang. Diantara mereka yang berprestasi tersebut adalah Eneng Tuti Nurjanah – TK Pupuk Kujang Cikampek (Guru TK Berprestasi), Erlinawati – SDN Tanjungpura I (Guru SD Berprestasi), Neno Hendrayanto – SMPN 2 Klari (Guru SMP Berprestasi), Lilis Saidah – SMAN 5 Karawang (Guru SMA Berprestasi), Asep Suherman – SMAN 1 Tempuran (Guru SMA Berdedikasi)., Agus Salim – SDN Tambaksari IV (Kepala Sekolah SD Berdedikasi), Ahnar Hidayat – SMPN 1 Kotabaru (Kepala Sekolah SMP Berdedikasi), Nedi Rohendi – SMAN 3 Karawang (Kepala Sekolah SMA Berprestasi), serta Rahman Sutopo – SMAN 3 Karawang (Siswa SMA Berprestasi). (Tim)