Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Saturday, September 15, 2012

Meriah..! Wayang Golek dan Wayang Kulit Penutup Kesenian Hari Jadi Karawang ke 379

The Karawang Post.com - Sabtu (15/9/2012) malam, di helatan malam terakhir Hari Jadi Karawang Ke-379, sekitar 11 ribu warga memadati Lapangan Karang Pawitan menonton wayang golek yang didalangi Apep Hudaya asal Cikampek. 

Secara bersamaan, sekitar 3 ribu warga memadati Alun-alun Karawang untuk menyaksikan wayang kulit dengan dalang Ki Subandiono.

Di Karang Pawitan, wayang golek disaksikan mayoritas masyarakat Sunda, sedangkan di Alun-alun wayang kulit disaksikan mayoritas masyarakat pendatang asal Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berdomisili di Karawang, kedua acara itu dikunjungi Bupati Karawang H. Ade Swara secara bergantian dari Alun-alun kemudian ke Karang Pawitan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Karawang, Acep Jamhuri menyatakan, pagelaran kesenian yang ada di Disbudpar tidak tidak semua ditampilkan, mengingat banyaknya kesenian dan budaya Karawang yang setidaknya menghabiskan waktu hingga tiga minggu, sedangkan Hari Jadi Karawang Ke-379 hanya berlangsung sembilan hari.

Kendati demikian, Acep mengaku, seni dan budaya Karawang yang tampil di acara helatan Karawang ini sudah mewakili semuanya, terutama kesenian yang selama ini banyak dirindukan masyarakat, diantaranya dengan menggelar festival tari Jaipong, kirab budaya, bajidoran, termasuk musik band bagi remaja Karawang dan ditutup wayang golek juga wayang kulit.

Menurut  Acep Jamhuri, masih banyak garapan di Disbudpar yang perlu dibenahi, diluruskan dan dilestarikan juga dikembangkan. Untuk mendekati itu, Disbudpar memiliki program unggulan yang mengena dan dianggap mampu dirasakan secara 'multi player efect' terhadap masyarakat.

"Karena pembangunan seni budaya bukan sekedar membangun fisik, tetapi pembangunan masyarakat yang berkarakter," ucapnya. (Tim)