Editorial Cartoon

Editorial Cartoon

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat

Pemerintah Daerah Kab. Karawang, Jawa Barat
Kantor Bupati Karawang

Monday, January 16, 2012

LSM GIBAS Vs LASKAR Bentrok gara-gara limbah PT. Santos Jaya Abadi Karawang


Lagi-lagi di Karawang LSM bentrok lagi
The Karawang Post.com – Ratusan masa dari dua kubu yang bertikai itu LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Gibas melawan LSM Laskar, bentrokan dua kubu LSM bersenjatakan pentungan kayu, batu dan senjata tajam tersebut mengakibatkan puluhan orang luka-luka dari kedua belah pihak. Tiga orang kena luka bacok sabetan golok. Senin (16/1) siang.

Menurut Ujang (45 tahun) warga Kec. Ciampel saksi mata dalam peristiwa tersebut, Bentrokan dipicu karena memperebutkan pengelolaan limbah pabrik PT Santos Jaya Abadi yang berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, Kec. Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Petugas dari Kepolisian Resort Karawang yang berusaha melerai tawuran pun kewalahan. Tembakan peringatan dan tembakan gas air mata untuk membubarkan massa LSM yang bentrok tidak digubris, malah petugas disoraki oleh kedua belah pihak yang bertikai. Akibat dari bentrokan itu 5 sepeda motor dan 2 mobil ringsek. Tidak ada koban jiwa dalam insiden tersebut, hanya beberapa anggota LSM dari dua kelompok mengalami luka ringan kemudian korban dilarikan ke Puskesmas setempat.

Meski puluhan petugas Polres Karawang dan Polsek Ciampel telah diterjunkan ke lokasi tawuran  hingga melakukan tembakan peringatan dan gas air mata, polisi dilempari batu oleh kedua kelompok yang bentrok. Bahkan Kapolsek Ciampel, Iptu Munawar terkena lemparan batu hingga terluka pada bagian kepala dan wajahnya. 

Bentrokan berakhir setelah salah satu kelompok LSM mundur dari lokasi “perang” karena kalah banyak personel. Sejumlah polisi dan tentara pun disiagakan di depan gerbang pabrik. Diduga penguasaan pengelolaan limbah bernilai ekonomis yang menjadi pemicu bentroknya LSM Gibas versus LSM Laskar itu. Hingga siang, petugas Polisi dan TNI masih berjaga-jaga di sekitar pabrik PT Santos Jaya Abadi Karawang yang memproduksi kopi Kapal Api tersebut. (Tim)